Pages - Menu

Minggu, 27 Januari 2013

Nikmatnya Berbagi #IspirasiAyat

Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul- Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS. Al Hadiid:18)
Mencoba hal yang baru barangkali akan menstimulusi gairah kita untuk merenda hari ini lebih menarik. Mari kita mengawali hari ni dengan niat untuk berbagi. Mulailah dengan sesuatu yang kecil yang tidak terlalu berharga di mata anda (dipandang sematasaja). Mulailah dengan uang receh, kempulkan beberapa receh yang mungkin tercecer di sana sini. Hanya untuk satu tujuan “diberikan”.
Apakah anda sedang berada di metro mini, atau semacamnya di angkutan umum milik pemerintah yang panasnya menggelegar J, lalu datang seorang pengamen bernyayi memekakkan telinga anda. Atau, anda sedang berada dalam mobil ber-AC yang sejuk di lampu merah misalnya, lalu sepasang tangan kecil mengetuk kaca mobil anda meminta-minta. Tak peduli bagaimana pendapat anda tentang kemalasan, kemiskinan, kelaparan, dan lain sebagainya. Tak perlu banyak berpikir, segeralah berikan satu dua keping kepada mereka.
Barangkali ada perasaan enggan dan kesal. Tekanlah perasaan itu seiring dengan pemberian anda. Bukankah, tak seorangpun ingin menempati posisi sebagai pengemis?. Ingatlah kalau kali anda hanya sedang berlatih memberi, mengulurkan tangan dengan jumlah yang tiada berarti. Rasakan saja, apakah ada sesuatu yang mengalir dari dalam diri anda melalui telapak tangan anda. Sesuatu itu bernama kasih sayang.
 
Terimakasih anda telah membaca Inspirasi ini.